Recent Post

Wednesday, March 21, 2012

Mengenal Tempe Kedelai Makanan Asli Indonesia

Tempe adalah salah satu makanan khas asli Indonesia, tempe terbuat dari kacang kedelai yang difrementasikan dengan jamur Rhizopus oligosporus. Saya adalah salah satu orang yang favourite makan tempe kedelai, selain banyak gizi yang terkandung juga rasanya enak. Anda juga bisa mencobanya, saya yakin bisa ketagihan.
Saat ini tempe kedelai sudah dibuat di Jepang dan Belanda. Dan sudah popular disana.
Kandungan gizi yang terdapat pada tempe adalah :
 Kandungan gizi 100 gram tempe : Protein 20,8 persen, lemak 8,8 persen, serat 1,4 persen, kalsium 144 miligram, fosfor 326 miligram, vitamin B1 0,19 miligram , karoten 34 mikogram.

Berikut beberapa manfaat dari konsumsi tempe.



1.    Mencegah anemia dan osteoporosis
Dua penyakit yang sering diderita oleh wanita ini biasanya karena sebagai kodrat wanita mengalami haid. Anemia juga dapat menyerang wanita yang jarang makan karena takut over weight, tempe berperan sebagai pemasok mineral, vitamin B12( yang terdapat pada pangan hewani ) dan zat besi yang sangat berguna bagi pembentukan sel darah merah, dapat juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah,senyawa protein asam lemak PUFA, serat, niasin, dan kalsium di dalam tempe dapat mengurangi kolesterol jahat.

2.    Dapat Mencegah Kanker payudara dan Penuaan
Dalam tempe juga ditemukan zat antioksidan berbentuk isofalvon, isofalvon merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.
Isovalfon yang terdapat pada tempe ada 3 jenis yaitu daidzein, glisitein, dan genistein, dalam tempe juga terdapat antioksidan faktor II (6,7,4 trihidroksi isoflavon) antioksidan paling kuat dengan yang lainnya.
Penelitian yang dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bahwa genestein dan phytoestrogen yang terdapat pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat payudara,penuaan. Antioksidan ini disentesis pada saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus leteus dan Coreyne bacterium

3.    Tempe mengandung antibiotik alami
Zat antibiotika alami yang diproduksi jamur Rhizopus berguna untuk melawan organisme merugikan dan bisa menjadi obat disentri jika dikonsumsi setiap hari.

4.    Tempe mempunyai serat yang tinggi
Serat yang tinggi dibutuhkan untuk saluran pencernaan dalam tubuh sekaligus mencegah aneka penyakit kronis di masa depan.

Mungkin masih banyak lagi manfaat tempe yang tidak bisa disebutkan dalam artikel ini ^_^.
Terima kasih sudah membaca artikel saya.

3 komentar:

hihihih
arep bisnis tempe ya mb??
kunjungi blog q juga
ilmu-sebelas.blogspot.com

mbak dirwen gimana kabar?..he

blog koh ora tau di update..sing jan...

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More