Recent Post

Sunday, April 15, 2012

Makanan Pemicu Jerawat




Jerawat adalah penyakit yang tidak berbahaya tapi kehadirannya sangat mengganggu penampilan khususnya perempuan. Jerawat adalah musuh besar bagi mereka. Makanan berpengaruh pada tumbuh kembangnya jerawat. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari agar jerawat tidak meradang :

1.       Susu
Beberapa studi menyebutkan bahwa konsumsi susu yang tinggi dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Sebuah studi Harvard menemukan bahwa remaja yang minum susu lebih
dari dua porsi sehari lebih mungkin untuk menderita  jerawat parah, karena peningkatan hormon pertumbuhan yang menyebabkan kelenjar sabasea di kulit menjadi tersumbat


2.       Gula dan Coklat
Coklat adalah salah satu makanan yang paling memicu tumbuhnya jerawat . Archives of Dermatology menerbitkan sebuah studi yang menjelaskan bahwa makanan yang memiliki skala Glikemik Indeks tinggi, biasanya karbohidrat olahan seperti gula akan dapat menyebabkan munculnya jerawat akibat kadar hormon meningkat.

3.       Yodium
Yodium menjadi salah satu faktor munculnya jerawat, seperti kelenjar minyak kulit yang dapat
 mengiritasi kulit yang rentan terhadap jerawat.

4.       Alkohol dan Caffeine
Tingkat hormon yang diproduksi oleh tubuh jika mengkonsumsi Kafein dianggap memicu munculnya jerawat. Beberapa sumber kafein adalah kopi, teh,minuman ringan, dan coklat. Selain itu, alkohol juga menyebabkan peningkatan hormon, khususnyatestosteron dapat menyebabkan jerawat lebih sering.

5.       Makanan Pemicu Alergi
Masalah kulit sering timbul karena alergi makanan,terutama susu dan telur. Jerawat muncul akibat sistem kekebalan tubuh mencoba untuk melawan racun yang dirasakan. Alergi telah didiagnosis dan menunjukkan hubungan antara alergi makanan dengan jerawat yang parah.

6.       Sayuran dan Buah bersifat asam
Keasaman tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat, Beberapa buah-buahan dan sayuran yang bersifat asam dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti wortel, mentimun, jeruk, dan selada.

Itulah gan beberapa makanan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, so untuk mencegahnya agan semua yang sedang terkena jerawat dapat sedikit mengurangi konsumsi makanan tersebut. (^_^).

1 komentar:

blognya ko ga pernah di update mba...

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More